Selasa, 20 Desember 2011

[TIPS] Menghilangkan Noda Tinda pada Pakaian

Noda tinta memang menjengkelkan, susah dibersihkan dan membuat pakaian Anda terkesan murahan. Apalagi jika Anda seorang pekerja kantoran atau pelajar/mahasiswa yang tiap harinya berususan dengan bolpen dan spidol. Nah, melalui tulisan ini, penulis akan berbagi beberapa tips mengenai bagaimana cara menghilangkan noda tinta yang membandel.



Cara 1 : Cuka dan Baking Soda
Caranya mudah, ke dalam rendaman pakaian yang terkena tinta, tambahkanlah 1 sendok cuka dan baking soda secukupnya. Gosok pada bagian yang kotor, sampai noda hilang. Setelah itu bilas pakaian dengan krim pewangi. Tujuannya untuk menghilangkan bau cuka :)

Cara 2 : Air Susu
Susu mengandung laktosa yang dapat meluruhkan tinta sedikit demi sedikit. Perlu kesabaran untuk menghilangkan noda tinta tsb. Caranya rendam pakaian bernoda pada susu selama 10 menit. Kemudian angkat dan kucek sebentar. Masukan lagi ke dalam susu, kemudian bilas dengan air dingin.



Cara 3 : Air Jeruk Lemon dan Garam
Fruit acid bercampur dengan yodium adalah penghilang noda yang ampuh. Cara kerjanya adalah peras jeruk lemon dan campur air perasannya dengan garam. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok-gosok bagian yang kotor. Bilas baju dengan air.

Cara 4 : Citrun
Citrun berbentuk butiran putih, biasanya digunakan untuk penguat rasa dalam es campur. Caranya rendam baju kotor dalam air citrun selama 30 menit (tanpa deterjen) atau lebih lama jika noda belum hilang. Dapat juga untuk mengembalikan warna pakaian putih yang telah lusuh.

Cara 5 : Hairspray
Hairspray ternyata tidak hanya dapat digunakan sebagai semprotan penata rambut, tapi juga penghilang noda. Semprotkan hairspray pada bagian yang terkena tinta kemudian gosok-gosoklah dengan kain sampai noda hilang.

Cara 6 : Tomat dan Jeruk Nipis
Gosokan potongan tomat dan jeruk nipis pada bagian yang ternoda. Insya Allah pakaian Anda akan bersih kembali  (setelah dibilas tentunya :) )

Cara 7 : Pemutih
Gunakan larutan pemutih yang manjur :D Jika pada petunjuk pemakaian baju direndam pada larutan pemutih selama 30 menit, ada baiknya kalau Anda menambah waktunya menjadi 3-4 jam. Karena menurut pengalaman penulis, kebanyakan larutan pemutih keurang ampuh dalam menghilangkan noda. :D

Cara 8 : Laundry
Pergilah ke tempat laundry pakaian yang memberikan garansi dapat menghilangkan noda apapun termasuk noda tinta :DD

Tips-tips di atas akan lebih ampuh jika Anda langsung membersikan noda tinta yang masih baru.
Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar