Senin, 19 Desember 2011

[INFO] Manfaat Madu Bagi Manusia


Semua pasti tahu madu kan? Yup, madu adalah sari makanan yang dihasilkan lebah yang berasal dari nektar bunga. Madu adalah satu-satunya bahan organik yang tidak bisa membusuk. Kenapa? Karena madu memiliki zat antibiotik dan antioksidan yang membuat bakteri tidak mungkin hidup di dalamnya.

Kandungan gizi sangat lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, kalsium dan lain-lain. Serta yang penting, madu mengandung 0% lemak. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah:



Dengan kandungan gizinya yang lengkap, madu banyak sekali memiliki manfaat. Bahkan dalam agama Islam Allah Swt berfirman, “Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia” (QS An Nahl 69).

Manfaat madu tersebut antara lain :

1. Sumber Energi
Madu adalah sumber karbonhidrat yang unik yang mudah diserap tubuh dan mempunyai nilai kalori yang tinggi. Satu sendok madu setara dengan 17 gram karbonhidrat dan 64 kalori. Dalam madu juga terkandung glukosa dan fruktosa. Glukosa dapat diserap tubuh secara instan untuk menjadi energi sedangkan fruktosa diserap tubuh secara perlahan sehingga dapat menjadi cadangan energi. Pada masa lalu, para atlet Romawi dan Yunani kuno meminum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai obat untuk stamina dan pemulih energi.

2. Penyembuh luka luar dan obat infeksi
Dalam dunia pengobatan masyarakat Yunani dan Romawi memelopori penggunaan madu untuk mengobati hidung tersumbat sementara itu bangsa mesir kuno menjadi pelopor pemanfaatan madu untuk mengobati luka. Mereka membuat salep dari madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam.
Setelah ribuan tahun digunakan, khasiat madu sebagai obat luka terungkap secara ilmiah. Madu bekerja sebagai antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri mematikan. Madu sangat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Madu menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan anti septik luar biasa. Proses osmosis di dalam madu membasmi bakteri kekentalan madu yang sedikit mengandung air menghasilkan proses osmosis menyerap air dari bakteri pada luka dan luka bakar, tak ubahnya spons menyerap air. Madu mengeringkan bakteri sehingga bakteri sulit tumbuh. Penyakit lain yang dapat disembuhkan oleh madu adalah eksim, jerawat, infeksi borok pada penderita diabetes, luka karena herpes dan infeksi cacing gelang.
  
3. Awet muda
Mengapa Ratu Elizabeth berumur panjang? Bisa diyakini, madu berperan besar dalam menjaga kesehatan sehingga membuat keduannya berumur panjang. Bagi keluarga Kerajaan inggris, sarapan madu adalah kebiasaan setiap hari mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi pada roti. Manis alami madu digunakan di Inggris hingga pertengahan abad ke-17. Kebiasaan tersebut sempat berubah ketika gula yang dianggap lebih berkelas mulai di produksi. Namun setelah gula semakin meluas pemakaiannya tak lagi terbatas pada kalangan atas, keluarga kerajaan kembali mengkonsumsi madu. Itulah sebabnya kesehatan mereka terjaga dengan baik.

4. Penyejuk kulit
Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak sayur dan seperempat sendok teh jus lemon. Ini merupakan campuran kondisioner alami. Untuk menggunakannya Anda bisa menggosokannya ke setiap bagian tubuh Anda yang kering. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas.

5. Perlindungan bibir
Madu dapat digunakan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan keriput, sehingga membuatnya lebih halus dan lembut.

6. Pengelupasan kulit
Madu dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan terluar kulit. Caranya, Anda dapat mencampur satu sendok makan almond dengan madu, dua sendok makan oatmeal kering dan satu sendok teh jus lemon. Setelah itu, pijat lembut campuran ini pada wajah selama 5 menit dan kemudian bilas menggunakan air.

7. Pelembab
Madu memiliki kualitas sebagai humektan sehingga sering digunakan sebagai pelembab dalam berbagai jenis kosmetik. Madu tidak hanya mengikat air tetapi juga mempertahankan kesehatan kulit dari dalam, sehingga tetap kenyal dan elastis, disamping juga melindungi kulit dari keriput dan kekeringan.

Sekian tentang manfaat madu, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar